Jenis kertas untuk undangan pernikahan lengkap dengan harganya




Selamat siang dan jumpa lagi dengan team kepo, setelah beberapa lama vakum karena sibuk dunia offline.

kali ini teak kepo akan membahas soal jenis kertas yang sering di gunakan untuk mencetak undangan beserta harganya

jenis-kertas-untuk-membuat-undangan-beserta-harganya
jenis kertas untuk undangan dan harganya

Dalam dunia percetakan, soal kertas menjadi hal yang lumrah dan banyak sekali yang digunakan,namun saat kamu ingin mencetak undangan, tentu ada beberapa jenis kertas yang harus kamu tahu supaya hasil cetak lebih  maksimal dan tentunya sesuai dengan baget., sehingga ongkos produksi bisa diminimalisir.

Adapun ukuran yang sering digunakan adalah ukuran plano atau lembaran besar. Setiap kertas memiliki ukuran plano yang berbeda-beda, namun jenis ukuran yang sering dijumpai di dunia percetakan adalah sebagai berikut :

a. 61 cm x 86 cm
biasanya digunakan pada kertas BC pindo, BC Bandung,

b. 65 cm  x 90 cm
Biasanya digunakan pada jenis kertas Art Carton dengan gramasi 210gr, 230gr, 260gr dan 310gr

c. 79 cm x 109 cm
Digunakan pada jenis kertas Art Carton dengan gramasi 210gr, 230gr, 260gr dan 310gr.Kertas mutiara/jasmine,kertas concoard,kertas linen, Kertas BW, Kertas Bufallo, Kertas TIK


Berikut adalah Jenis kertas untuk undangan lengkap dengan harganya :

1. BC (Brief Card) PINDO / BC PINDO

Ukuran standar atau ukuran pada jenis kertas  BC Pindo biasanya adalah  61 cm x 86 cm.
Jenis kertas ini termasuk jenis kertas yang paling banyak di gunakan karena harganya yang cukup murah yakni sekitar Rp. 18.000/lembar plano.

untuk warna biasanya sangat bervariasi, mulai dari warna kuning, biru,merah,hijau dan putih.Untuk yang berwarna putih biasaya harganya relatif lebih murah.

Kertas jenis ini banyak digunakan pada desain undangan standar dengan kisaran harga Rp. 400 - Rp.500/lembar undangan,  dan biasanya dicetak dengan menggunakan mesin toko 82 dengan menggunakan master sebagai media transfer filenya.

2. KARTU TIK

Harga dari kertas ini berkisar antara Rp. 2600 - Rp. 2800/lembar plano
Bentuk dari kertas ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kertas BC pindo, namun memiliki ukuran plano yang berbeda yakni 79cm x 109 cm serta ketebalan yang berbeda (lebih tebal).

Soal warna, kartu tik memiliki kesamaan dengan bc pindo, namun serat dari jenis kertas ini lebih lembut di banding bc pindo sehingga hasil cetaknya lebih bagus dan merata.

Kertas jenis ini sering digunakan untuk mencetak undangan dengan kelas menengah ke bawah dengan kisaran harga Rp.700 - Rp.800 /lembar untuk pesanan per-1000 kartu undangan.

Sistem cetaknyapun tidak jauh berbeda dengan kertas jenis BC pindo, namun kadang ada juga yang mencetaknya dengan menggunakan mesin offset seperti GTO 52 atau komori 66 dengan desain black white (BW) atau full colour (SPARASI).

3. ART CARTON

Jenis kertas ini memiliki ukuran yang bervariasi yakni 65 cm  x 90 cm dan  79 cm x 109 cm. Banyak digunakan untk mencetak undangan dengan desain black white (BW) atau full colour (SPARASI).

Harga dari kertas jenis ini sangat bervariasi tergantung ukuran plano dan gramasinya.
Untuk yang ukuran  65 cm  x 90 dengan gramasi 230gr = Rp. 2300 sedangkan untuk ukuran 79 cm x 109 cm gramasi 230 adalah = Rp. 3.300.

Tekstur ada kertas ini cenderung licin dan mengkilap sehingga cocok jika dicetak dengan menggunakan mesin berbasis plat seperti GTO 52, Komori, 46, Komori 66, hidelberg dengan desain desain black white (BW) atau full colour (SPARASI)

Kertas Art Carton hanya memiliki satu warna yaitu putih dengan gramasi yang berbeda-beda yaitu antara 210gr, 230gr, 260gr dan 310gr hingga 360gr.

4. JASMINE/MUTIARA

Kertas ini memiliki tekstur yang sangat lembut namun memiliki tinggakat kelembaban yang cukup tinggi.

harga kertas jasmine lumayan cukup tinggi yakni berkisar Rp. 3.300 - Rp. 5.000/lembar plano dengan ukuran standar 79 cm x 109 cm. sehingga untuk harga jual undangan dengan jenis kertas ini bisa berkisar Rp. 900 / lembar.

untuk mencetak undangan dengan kertas jasmine bisa menggunakan mesin toko  atau mesin GTO.

Kertas ini memiliki permukaan pori-pori yang sulit meresap sehingga agak lama untuk kering jika di bandingkan dengan 3 jenis kertas di atas yakni bc pindo, tik, dan art karton.

Jadi kamu harus nunggu waktu yang extra mendapatkan hasil cetak yang maksimal.

Tampilan dari kertas jasmine memang cukup menarik sehingga tidak heran kertas yang satu ini banyak diminati oleh konsumen apalagi sang pengantin.

Soal warna, kertas jasmine memiliki banayk pilihan warna mulai dari merah/pink,putih, coklat/kuning,marun, biru, ungu dan lain sebagainya..

Kertas yang satu ini cocok sekali jika diaplikasikan untuk jenis undangan soft cover maupun hard cover, hal ini karena kertas mutiara/jasmine memiliki karakter elegant.

Demikian artikel seputar  Jenis kertas untuk undangan lengkap dengan harganya yang bisa saya share untuk kamu sekalian. semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk bisnis percetakan kamu.

Harga diatas adalah harga yang berlaku saat artikel ini ditulis dan sesuai dengan harga toko kertas yang berdomisili di wilayah tangerang dan bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Terima kasih.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »