Marketing Jadul Untuk Bisnis Percetakan




Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Di zaman sekarang mencari kerja menjadi persoalan yang amat rumit,pertumbuhan jumlah penduduk dan persaingan yang sengit telah merajalela di berbagai bidang tidak terkecuali di bidang bisnis percetakan.

Buat kamu yang saat ini sedang dalam kebingungan karena mencari kerja atau mungkin sedang dalam gundah gulana karena menunggu panggilan kerja dari perusahaan yang kamu idamkan, maka saran saya mendingan lupakan itu semua dan beralihlah menjadi orang yang berbeda.
marketing-jadul-untuk-bisnis-percetakan
marketing jadul bisnis percetakan

Kali ini saya akan bagikan  Marketing Jadul Untuk Bisnis Percetakan 

Bisnis percetakan merupakan salah satu media bisnis yang terus berkembang oleh sebab itu bisnis ini tetap menjadi salah metode bisnis yang kerap menjadi incaran setiap orang hal ini karena bisnis percetakan merupakan model bisnis yang paling mudah dijalankan sekalipun tanpa modal besar bahkan tanpa modal sama sekali (baca : uang).


Untuk membuat bisnis ini tetap berjalan dengan baik, tentu ada beberapa strategi pemasaran yang harus diterapkan.

Perkembangan teknologi di bidang internet sebenarnya salah satu pemicu positif dalam mengembngakan bisnis percetakan,namun disamping menggunakan internernet sebagai media promosi tentu ada beberapa cara promosi konvensional yang harus tetap dijalankan sehingga konsumen yang tidak menggunakan media internet dalam berbelanja tetap terjangkau.

Berikut adalah cara promosi konvensional yang mesti kamu jalankankan yang dalam kesempatan ini saya sebut sebagai Marketing Jadul Untuk Bisnis Percetakan.

1. Door To Door 

Door to Door atau dari pintu kepintu merupakan salah satu strategi marketing yang tidak boleh dilihat sebelah mata.Meskipun promosi melalui internet dianggap lebih efisien,tentu saja gaya marketing door to door tetap harus dijalankan mengingat masih banyak konsumen yang memang tidak pernah menyentuh dunia internet sebagai media untuk berbelanja kebutuhan jasa percetakan.


Contoh : jika kamu kebetulan mengetahui teman atau tetangga yang hendak melaksanakan pesta pernikahan atau walimatul khitan,maka tehnik marketing door to door lebih efisien dan mengena bila dibanding dengan internet marketing.

2. Numpang Promosi

Buat kamu yang kebetulan tidak memeiliki biaya dan waktu yang banyak untuk promosi bisnis percetakan, tentu kamu bisa gunakan ilmu marketing gratisan atau bisa disebut sebagai Numpang promosi.

Kamu bisa memanfaatkan rumah atau toko teman kamu untuk bekerjasama sebagai media promosi grtaisan.

Buatlah media promosi berupa spanduk yang menarik dan pasang di rumah atau di toko teman kamu,tentu saja ini harus ada timbal baliknya,misalnya saja bagi penghasilan setiap ada order yang masuk melalui spanduk yang kamu pasangdi tempat teman kamu tersebut.

3. Tebar Pesona

Eit.. Tunggu dulu..!
Tebar pesona yang saya maksud di sini bukanlah dalam hal yang negatif.

Buatlah desain kartu pengenal bisnis kamu seperti kartu nama,ID Card atau sejenisnya dan tuliskan semua produk maupun keahlia kamu di dalamnya lalu bagikan ke sahabat atau tetangga kamu atau juga rekanan bisnis kamu supaya bisnis percetakan kamu cepat dikenal mereka.

Seperti kata saya di atas yaitu tebar pesona,maka tampilan desainnya harus benar-benar istimewa dan menarik perhatian mereka.

Desain yang bagus belum tentu istimewa, tapi desain yang istimewa pasti akan tampak bagus dan memeberikan efek positif untuk perkembangan bisnis percetakan yang kamu miliki.

4. Pelayanan Plus-plus

Salah satu strategi marketing jadul untuk bisnis percetakan adalah dengan mengadakan atau mengandalkan pelayanan istimewa dan spesial pada konsumen salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan Plus-plus. Busyet,,, apa harus seperti itu, yaaaa haruslah...!!!

Eit.. Tapi tunggu dulu...Pelayanan plus-plus ini maksudnya adalah memberikan pelayanan yang sedikit berbeda yang mungkin saja jarang atau malah tidak pernah diberikan oleh percetakan-percetakan lainnya yang ada di daerah kamu.

contoh dari layanan plus-plus ini bisa saja meliputi :
  •  Jemput data dan antar barang
 Zaman sudah mulai canggih, terkadang banyak dari konsumen yang membutuhkan pelayanan cepat dan simple, maka sudah seharusnya kamu juga harus menerpakan ide cretive jemput bola.
Adaka layanan jemput data da kalo perlu jasa anter pesanan jika sudah selesai secara Gratis....
 jika hal tersebut dapat kamu berikan dalam pelayanan bisnis percetakan kamu,maka berarti kamu sudah mendapat satu point plus dari konsumen yang bisa membuat konsumen kamu merasa dipermudah dalam  bertransaksi.


  •  Memberikan layanan melipat undangan dengan gratis
Tidak semua percetakan memberikan jasa layanan yang seperti ini. Undangan yang sudah dicetaka biasanya akan langsung di packing tanpa dilipat terlebih dahaulu,padahal jika kamu memberikan layanan tambahan seperti melipat undangan sebelum diantar maka sebenarnya hal tersebut bisa menjadi penghargaan besar buat konsumen.

Mungkin terlihat sepele,tapi percayalah jika pelayanan tersebut kamu berikan maka secara tidak langsung akan memberikan efek promosi yang luar biasa,karena bisa saja konsumen kamu akan merekomendasikan layanan plus-plus kamu tersebut kepada teman atau tetangganya yang akhirnya rating bisnis percetakan kamu akan meningkat.
  •  Desain Gratis
Tidak semua percetakan memeiliki operator desain grafis, sekalipun ada biasanya mereka akan membebankan biaya tambahan untuk desain.
Nah,,, ini adalah peluang buat kamu yang hendak meningkatkan popularitas bisnis percetakan,berikanlah layanan ONGKOS DESAIN GRATIS untuk konsumen,hal ini bisa membuat konsumen merasa senang.
Jika konsumen sudah merasa SENANG maka percayalah bisnis akamu pasti akan MENANG....

  • Membuat Pola Diskon
Dengan tingkat harga produksi yang semakin melambung memang tidak mudah  untuk memberikan potongan harga pada setiap produk.
Untuk hal ini kamu bisa mensiasatinya dengan memberikan Diskon hanya pada beberapa produk saja.
Buatlah agenda atau anggaran diskon untuk beberapa jenis item produk yang biaya produksinya tidak terlalu besar.
Misalnya saja jika saat ini kamu biasa menjual dengan mengambil keuntungan 70-80% pada setiap produknya,maka buatlah agenda mingguan atau bulanan untuk membuat diskon.
Sehingga pada minggu atau bulan-bulan tertentu kamu hanya mengambil keuntungan dibawah angka tersebut.
Jika perlu promosikan Diskon tersebut melalui brosur atau selebaran lainnya supaya mudah diketahui.


Demikian ulasan seputar "Marketing Jadul Untuk Bisnis Percetakan" yang bisa saya share.
Jangan lupa untuk membaca juga artikel kami "3 poin penting untuk belajar usaha percetakan supaya sukses" 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus bergerak dalam mencari informasi dan inspirasi upaya bisnis kamu tidak cepat basi

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
14 October 2017 at 21:57 delete

Memang harus pintar mencari peluang di jaman sekarang ini

Reply
avatar
25 October 2017 at 18:13 delete

ya ga, kalo ga pinter-pinter kita malah di pinterin orang, hehehehe, tapi yang jelas harus pandai memasang strategi ...

Reply
avatar